Menurut saya konsep pemrograman grafis adalah suatu perencanaan yang memiliki proses membuat, mengubah, atau memanipulasi suatu Visual (Gambar) yang dijalankan oleh software-software yg berbasis Visual seperti Paint, Adobe photoshop, Corel draw, dll.
Cabang Ilmu Grafik yaitu : 1. Pemrosesan Citra yaitu poses yang mempunyai ciri data masukan dan keluarannya adalah sebuah citra. Istilah pengolahan citra digital secara umum didefinisikan sebagai pemrosesan citra dua dimensi dengan komputer. Pada umumnya citra digital dapat berbentuk persegi panjang atau bujur sangkar (pada beberapa sistem pencitraan ada pula yang berbentuk segienam) yang memiliki lebar dan tinggi tertentu. Ukuran ini biasanya dinyatakan dalam banyaknya titik atau piksel sehingga ukuran citra selalu bernilai bulat. Setiap titik memiliki koordinat sesuai posisinya dalam citra. Koordinat ini biasanya dinyatakan dalam bilangan bulat positif, yang dapat dimulai dari 0 atau 1 tergantung pada sistem yang digunakan. Setiap titik juga memiliki nilai berupa angka digital yang merepresentasikan informasi yang diwakili oleh titik tersebut. Format data citra digital berhubungan erat dengan warna. 2. Pengenalan pola yaitu suatu kemampuan manusia untuk mengenali objek-objek berdasarkan ciri-ciri dan pengetahuan yang pernah diamatinya dari objek-objek tersebut. Tujuan dari pengenalan pola ini adalah mengklasifikasi dan mendeskripsikan pola atau objek kompleks melalui pengetahuan sifat-sifat atau ciri-ciri objek tersebut. Pendekatan pengenalan pola ada 3 yaitu secara sintaks, statistik, serta melalui jaringan saraf tiruan. Pendekatan secara sintaks adalah pendekatan dengan menggunakan aturan aturan tertentu. Pendekatan metoda statistik adalah pendektan dengan menggunakan data-data yang berasal dari statisik seperti pasar saham. Pendekatan dengan pola jaringan saraf tiruan adalah pendekatan melalui pola-pola ini meniru cara kerja otak manusia, Pada pola ini sistem membuat rule-rule tertentu disertai dengan menggunakan data statistik sebagai dasar untuk pengambilan keputusan.
Bagian dari grafik komputer meliputi:
1. Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
2. Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
3. Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
4. Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar
Jenis dari grafik komputer ada 2 yaitu ;
1. Grafik komputer 2 dimensi biasa disebut dengan 2D atau bidang adalah bentuk dari benda yang hanya memiliki panjang dan lebar. Grafik 2 Dimensi merupakan teknik penggambaran yang berpatokan pada titik koordinat sumbu x (datar) dan sumbu y (tegak). Agar dapat tampil dengan sempurna, gambar yang akan ditampilkan dengan teknik ini harus memiliki nilai koordinat x dan y minimum 0 dan maksimum sebesar resolusi yang digunakan.
2.Grafik komputer 3 dimensi biasa disebut 3D atau ruang adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Grafik 3 Dimensi merupakan teknik penggambaran yg berpatokan pada titik koordinat sumbu x(datar), sumbu y(tegak), dan sumbu z(miring).Representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Tiga Dimensi, biasanya digunakan dalam penanganan grafis. 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). Saat ini video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri (bukan berasal dari software) untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis dalam memainkan game komputer.
Dalam hal membuat gambar 2D dengan 3D tentu akan lebih sulit jika mebuat gambar dengan tampilan 3D di bandingkan 2D, Namun di jaman sekarang ini para pembuat desain grafis lebih cenderung membuat sebuah tampilan dengan menggunakan tampilan 3D karena hasil yang di keluarkan dan di tampilkan lebih baik dan memenuhi keinginan imajinasi kita dalam melihat suatu gambar (Visual). Banyak software yah telah menyediakan untuk para user yang berminat untuk membuat sebuah visual dengan menggunakan latar belakang 2D, seperti : Paint, Adobe Photoshop, Corel Draw,dll. Dan latar belakang 3D, seperti : Autodesk 3ds Max, Tekla, CAD, Revit, SolidWorks, dll.
Jika kita berniat untuk membuat visual dapat menggunakan beberapa software seperti yang disebutkan, dan dalam pembuatannya pun kita telah dimudahkan karena beberapa software-software tersebut telah disediakan tools yang lengkap. Jadi tinggal bagaimana imajinasi kita untuk dapat menciptakan suatu gambar (visual) sesuai dengan object gambar yang kita inginkan. Dan dengan kesabaran karena membuat tampilan baik 2D dan 3D akan terlihat lebih baik jika di lakukan banyak perbaikan dan pengamatan dari setiap sudut pandangnya.
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Grafika_komputer
http://www.scribd.com/doc/38609178/3-Grafik-Komp-Konsep-Dasar
http://wiryanto.wordpress.com/2008/01/02/software-3d-yang-mana-ya
http://agustbrownies.blogspot.com/2010/09/pengertian-konsep-pemrograman-grafik.html
Cabang Ilmu Grafik yaitu : 1. Pemrosesan Citra yaitu poses yang mempunyai ciri data masukan dan keluarannya adalah sebuah citra. Istilah pengolahan citra digital secara umum didefinisikan sebagai pemrosesan citra dua dimensi dengan komputer. Pada umumnya citra digital dapat berbentuk persegi panjang atau bujur sangkar (pada beberapa sistem pencitraan ada pula yang berbentuk segienam) yang memiliki lebar dan tinggi tertentu. Ukuran ini biasanya dinyatakan dalam banyaknya titik atau piksel sehingga ukuran citra selalu bernilai bulat. Setiap titik memiliki koordinat sesuai posisinya dalam citra. Koordinat ini biasanya dinyatakan dalam bilangan bulat positif, yang dapat dimulai dari 0 atau 1 tergantung pada sistem yang digunakan. Setiap titik juga memiliki nilai berupa angka digital yang merepresentasikan informasi yang diwakili oleh titik tersebut. Format data citra digital berhubungan erat dengan warna. 2. Pengenalan pola yaitu suatu kemampuan manusia untuk mengenali objek-objek berdasarkan ciri-ciri dan pengetahuan yang pernah diamatinya dari objek-objek tersebut. Tujuan dari pengenalan pola ini adalah mengklasifikasi dan mendeskripsikan pola atau objek kompleks melalui pengetahuan sifat-sifat atau ciri-ciri objek tersebut. Pendekatan pengenalan pola ada 3 yaitu secara sintaks, statistik, serta melalui jaringan saraf tiruan. Pendekatan secara sintaks adalah pendekatan dengan menggunakan aturan aturan tertentu. Pendekatan metoda statistik adalah pendektan dengan menggunakan data-data yang berasal dari statisik seperti pasar saham. Pendekatan dengan pola jaringan saraf tiruan adalah pendekatan melalui pola-pola ini meniru cara kerja otak manusia, Pada pola ini sistem membuat rule-rule tertentu disertai dengan menggunakan data statistik sebagai dasar untuk pengambilan keputusan.
Bagian dari grafik komputer meliputi:
1. Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
2. Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
3. Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
4. Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar
Jenis dari grafik komputer ada 2 yaitu ;
1. Grafik komputer 2 dimensi biasa disebut dengan 2D atau bidang adalah bentuk dari benda yang hanya memiliki panjang dan lebar. Grafik 2 Dimensi merupakan teknik penggambaran yang berpatokan pada titik koordinat sumbu x (datar) dan sumbu y (tegak). Agar dapat tampil dengan sempurna, gambar yang akan ditampilkan dengan teknik ini harus memiliki nilai koordinat x dan y minimum 0 dan maksimum sebesar resolusi yang digunakan.
2.Grafik komputer 3 dimensi biasa disebut 3D atau ruang adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Grafik 3 Dimensi merupakan teknik penggambaran yg berpatokan pada titik koordinat sumbu x(datar), sumbu y(tegak), dan sumbu z(miring).Representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Tiga Dimensi, biasanya digunakan dalam penanganan grafis. 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). Saat ini video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri (bukan berasal dari software) untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis dalam memainkan game komputer.
Dalam hal membuat gambar 2D dengan 3D tentu akan lebih sulit jika mebuat gambar dengan tampilan 3D di bandingkan 2D, Namun di jaman sekarang ini para pembuat desain grafis lebih cenderung membuat sebuah tampilan dengan menggunakan tampilan 3D karena hasil yang di keluarkan dan di tampilkan lebih baik dan memenuhi keinginan imajinasi kita dalam melihat suatu gambar (Visual). Banyak software yah telah menyediakan untuk para user yang berminat untuk membuat sebuah visual dengan menggunakan latar belakang 2D, seperti : Paint, Adobe Photoshop, Corel Draw,dll. Dan latar belakang 3D, seperti : Autodesk 3ds Max, Tekla, CAD, Revit, SolidWorks, dll.
Jika kita berniat untuk membuat visual dapat menggunakan beberapa software seperti yang disebutkan, dan dalam pembuatannya pun kita telah dimudahkan karena beberapa software-software tersebut telah disediakan tools yang lengkap. Jadi tinggal bagaimana imajinasi kita untuk dapat menciptakan suatu gambar (visual) sesuai dengan object gambar yang kita inginkan. Dan dengan kesabaran karena membuat tampilan baik 2D dan 3D akan terlihat lebih baik jika di lakukan banyak perbaikan dan pengamatan dari setiap sudut pandangnya.
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Grafika_komputer
http://www.scribd.com/doc/38609178/3-Grafik-Komp-Konsep-Dasar
http://wiryanto.wordpress.com/2008/01/02/software-3d-yang-mana-ya
http://agustbrownies.blogspot.com/2010/09/pengertian-konsep-pemrograman-grafik.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar