Minggu, 11 Desember 2011

Program Matlab Pemerataan Histogram

Pada kesempatan ini saya mencoba membuat program pencitraan sederhana dengan menggunakan software open source yaitu Matlab versi 7.1 sebagai salah satu tugas dari mata kuliah yang saya dapat pada semester ini.
Pada Matlab 7.1 ini sudah disediakan berbagai tools dan functions yang sangat memudahkan kita untuk mendapatkan pengolahan gambar sesuai yang kita inginkan. Dan pada tugas ini saya mencoba membuat salah satu pengolahan gambar yaitu pemerataan histogram dengan menampilkan histogram dari gambar yang saya browse, pertama gambar tersebut terlebih dahulu diubah menjadi grayscale supaya dapat menampilkan histogramnya. Kemudian dibuat pemerataannya sehingga gambar yang sebelumnya diubah ke grayscale menjadi lebih jelas terlihat dan tampak halus.
Pada program tersebut saya menampilkan 4 buah button dan 4 buah kotak area penempatan gambar. Dalam Matlab itu sendiri masih terdapat beberapa kekurangan dan salah satunya adalah sulitnya melakukan pengulangan mengedit gambar baru dengan melakukan browse gambar kembali, karena pada program justru akan menampilkan hasil gambar yang tampak diperbesar.
Berikut contoh tampilan programnya :
Tampilan Awal

Hasil dari pengolahan gambar


2 komentar:

  1. Kami juga mempunyai artikel tentang matlab silahkan dibaca semoga bermanfaat dan berikut adalah link nya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2850/1/A-19.%20Mohammad%20Iqbal,%20Imam%20Ahmad%20Trinugroho,%20dan%20Yuli%20Karyati.pdf
    terimakasih

    BalasHapus
  2. mana programnya...?????????????

    BalasHapus